-- Google Tag Manager --/> Masalah klasik saat pertama kali jadi Mahasiswa (( baru )) Skip to main content

Masalah klasik saat pertama kali jadi Mahasiswa (( baru ))

"alhamdulillah jadi maba unpad bandung" - pm bbm gebetan
"gak sia-sia nyontek pas UN,akhirnya gue lolos snmptn - tweet temen 
"yaudah deh,coba lagi tahun depan" - rintihan seorang siswa yang ditolak PTN berkali-kali

Inilah dinamika kehidupan,terkadang kenginan yang kita impikan sejak lama tak menjadi kenyataan. pinginya sih A tapi kenapa jadi B bahkan bisa C bahkan bisa juga D..an seterusnya.   " ingatlah bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda"- motivator berambut botak. 

berbicara tentang mahasiswa/mahasiswi mereka adalah orang-orang yang melanjutkan studi mereka dari sma ke perguruan tinggi,baik disengaja maupun tidak. karena tak jarang ada siswa yang setelah lulus sma ingin cepat-cepat kawin agar sah bobo bareng sama pacar. tetapi orang tua melarang (misalnya) "pokoknya kamu harus bisa masuk ui kalo nggak km nggak tak anggep anak" - sebut saja tante mawar. ini salah satu ciri jadi mahasiswa terpaksa nurutin kata nyokap.

beberapa masalah lainpun muncul saat menjadi maba atau mahasiswa baru.dilansir dari cerita temen dan pengalaman pribadi,dapat disimpulakan antara lain :

1. Susah cari kos-kosan

tipe-tipe kos-kosan bermacam-macam,ada yang kamar mandi didalam, ada yang kamar mandi diluar, ada yang kamar mandi di dalem tetapi kamar tidur diluar. pengenya kos yang deket sama kampus,pengenya kos yang deket sama rumah dosen biar bisa ngegebet anak dosenya #cie. carilah kos yang sesuai budget kedua orang tua kalian jangan iri dengan kos temen yg super mewah.

2. Ribet sama tugas ospek

ospek atau orientasi mahasiswa baru tujuan utamanya adalah memperkenalkan para mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus. namun di beberapa universitas biasanya ada tugas untuk perlengkapan ospek,dan barang-barang yang dibutuhkanpun terkadang merepotkan mahasiswa baru, alhasil banyak yg mengandalkan jasa atribut ospek dengan membayar sejumlah uang,agar tidak lagi repot-repot mencari perlengkapan ospek.

3. Homesick

Home=rumah sick=sakit ...ngawur. Home sick sering terjadi di kalangan mahasiswa baru,homesick sendiri bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang merasa bingung terhadap dunianya yang baru yang jauh dari orang tua,suasana rumah,saudara dan teman. homesick sendiri bisa mengakibatkan semangat dalam menimba ilmu menurun,sesorang yang terkena homesick merasa ingin selalu pulang ke kampung halaman. namun,ingin rasanya kampung halaman bisa dibawa ke perantauan. namun homesick juga akan hilang dengan sendirinya saat kalian sudah terbiasa dengan lingkungan baru kalian.

4. Bingung ikut ukm atau lembaga 

ukm atau bisa disebut juga ekskul ini pasti terdapat di universitas,sedangkan kelembagaan di universitas sama halnya dengan osis di sma. kedua-duanya mempunya fungsi yang sama yakni membentuk softsikil (sengaja typo) kalian agar kalian nantinya mempunyai jiwa kepempinan,jiwa berorganisasi,jiwa mengungkapkan pendapat.... yang terpenting adalah bisa memanajemen waktu kalian,ada saatnya berorganisasi/ekskul ada saatnya kalian belajar,ingat tujuan kalian disini adalah belajar dek..lari dek..lari !.

5. LDR sama pacar

"sayang besok kita udah ldr aku sedih banget seandainya kamu bisa aku fotocopy biar km bisa aku pajang di tembok kos". ldr atau pacaran jarak jauh memang sering terjadi saat pertama kali menjadi mahasiswa alasanya karena mereka berbeda universitas. yang terpenting saat menjalani masa ldr ialah jujur antara pasangan,kalian bisa gunakan media sosial untuk saling mengetahui keadaan pasangan kalian,yang nggak punya media sosial bisa juga menggunakan merpati pos.

6. Putus saat masuk bangku kuliah

"sayangg..kita breake dulu ya sampe disini,aku mau fokus kuliah dulu" ucap si cewe
"yaudah nanti aku cari lagi pas kuliah,lagian aku jg udh bosen sama kmu" ucap si cowo

nggak semua mahasiswa pernah ngalamin hal seperti ini,apalagi yang jomblo. boleh bersedih hati dengan suasana saat ini tetapi ingat juga tujuanmu saat ini. ingatlah Nabi Adam dan Hawa yang dipisahkan dengan jangka waktu yg cukup lama,pada akhirnya merekapun dipertemukan kembali.


semoga bermanfaat
@agan_lazu 







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sedekah Laut di Kota Pemalang

Awalnya masyarakat Kabupaten Pemalang merupakan masyarakat yang biasa saja. Mereka mencari makan dengan cara berdagang dan bercocoktanam. Hingga suatu saat datang wabah penyakit yang menyerang warga pesisir pantai di Kabupaten Pemalang. Wabah tersebut dipercaya merupakan hukuman karena mereka tidak  memberikan penghormatan berwujud sesaji kepada penguasa Pantai Utara yang bernama Dewi Lanjar sehingga mereka mengadakan ritual sedekah laut yang diberi nama baritan. Nama baritan sendiri berasal dari kata mbubarake peri lan setan (mengusir hantu dan setan). Setelah diadakannya ritual baritan tersebut, wabah penyakit tersebut perlahan-lahan pergi. Dan masyarakat pun tenang kembali. Kini meski kehidupan masyarakat mulai tergerus arus modernitas, mereka masih tetap melestarikan tradisi baritan karena dinilai baik dan tidak menyimpang dari agama. Dan meskipun beberapa dari mereka masih mempercayai mengenai keberadaan makhluk halus yang menghuni Pantai Utara, hal itu dinilai hanya

How To Completely Wipe / Erase Hard Disk Drive [Step-by-Step Guide]

How To Completely Wipe / Erase Hard Disk Drive [Step-by-Step Guide] You may know that when you delete a file, it doesn’t actually get removed from the hard disk. This is because, when an OS, including Windows , attempts to delete a file, it removes the pointer or reference to the file, making it inaccessible to user. However, the low-level data recovery applications can still be used to view and restore deleted data from storage mediums. When file is deleted from the system, OS makes the space, which was previously used by that deleted file, available for new data write operations, and if OS doesn’t fill that deleted space, data recovery application doesn’t take long to fully restore the data from unfilled tracks. Therefore, it’s always advisable to perform a multi-cycle shred operation over entire hard drive to prevent data theft. You could use CCleaner and other data shred/disk wipe applications ( Secure Wipe , Hardwipe , HDShredder etc, for instance), to p

Rindu ini menusuk kalbu

hujan kali ini mengingatkan kepada seseorang. seseorang yang tak pernah terbesit dalam hidupku akan datang. kuputar lagu-lagu favorit di laptopku ini. memutuskan untuk memutar lagu band Indo D'massiv . beberapa lagu mengingatkanku akan dia. dia yang sudah bukan milikuu lagi. dia yang sudah pergi menjauh..sangat jauh dariku. " aku rindu setengah mati kepadamu sungguh ku ingin kau tahu aku rindu setengah mati" petikan lagu ini menghentikan ketikan tulisan ini. seketika jari-jari terasa kaku. tanya diriku sendiri,apakah aku benar-benar merindukanya ? apakah aku salah jika aku merindukan seseorang yang sudah tak bersamaku lagi ?. aku tak tau,tak tau jawabanya. aku bingung harus cari tau jawaban itu kemana.terbesit dalam pikiranku untuk menanyakan kabar darinya. tetapi....