-- Google Tag Manager --/> Ayo ke Solo Skip to main content

Ayo ke Solo

lebih dari sekedar destinasi tujuan wisata,Kota Solo merupakan kota dengan penuh ragam budayanya. selalu ada cerita khas di balik hiruk pikuk Kota Solo. entah kenapa saya ingin sekali memposting tentang kota ini. ya memang saya punya darah Solo karena ibu memang asli klaten ( bukan penjual soto) yang masih menjadi bagian dari Kota Solo.  tapi bukan silsilah keluarga saya yang saya ingin ceritakan kali ini....bukan...

Kota Solo atau Surakarta merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. kota ini bersebelahan dengan DIY (dupak itik yoss) bukan itu melainkan Daerah Keistimewaan Yogyakarta atau anak sekarang bilang Jogjes. ini terbukti dengan adanya kawasan Candi Prambanan yang dulunya sebagian wilayah Jogja dan sebagian wilayah Solo namun sekarang semua kawasan Candi sudah masuk daerah Jogja. 
                                          
                                                                    ( peta kota solo pic:google )

banyak sekali ragam budaya,makanan khas,tempat-tempat wisata di Kota Solo. berbicara tentang budaya dan adat istiadat sendiri,Kota Solo mempunyai ciri khas budaya, yang paling mencolok bagi saya adalah rumah-rumah Berjoglo yang masih ada di daerah pelosok Kota Solo. sementara itu ada budaya yang unik juga ketika Idul Fitri,ketika sudah selesai Sholat I'ed maka secara otomatis kita sebagai anak muda akan Badan atau sungkem dengan orang yang lebih tua dalam sanak sodara kita. bagi sebagian orang mungkin ini hal yang biasa terjadi di masyarakat kita,tetapi anak muda sekarang banyak sekali yang menyepelekan hal ini mereka hanya mengandalkan sosial media untuk saling bermaafan di Hari Raya,hanya mengandalkan brodcast message bbm ataupun mention twitter.

"Sob,maafin ogut ya barangkali banyak salah sama lo". misalnya...

maka dari itu sudah sepatutnya kita lestarikan budaya sopan santun agar kita menjadi masyarakat yang beretika dan kita tidak mudah diinjak-injak bangsa lain kita harus bangkit...halah kampanye.

nah suatu ketika dikala senja saya iseng-iseng karena saya orang yang suka makan maka mumpung masih di Solo saya mencicipi makanan khas di Kota Solo , namun ada yang aneh dengan makanan ini namanya sangat unik yakni  Soto Ndelik. Ndelik sendiri dalam bahasa Indonesia adalah melotot artinya bahwa siapapun yang makan soto ini matanya harus melotot...matanyaa. bukan itu melainkan ini hanya nama saja agar orang penasaran dan akhirnya ingin mencoba soto tersebut. masyarakatnya sangat kreatif dalam berbisnis ,mungkin di Solo juga akan ada makanan unik yang lain "nyamuk goreng crispy with barbeque sauce"..misalnya. 

                                                                 ( soto ndelik pic : google )
                                     

lalu bagaimana dengan jajanan murah di Solo ? ada nggak sih. tenang kalo kalian ingin jajanan murah/makanan murah  ada di sekitar Stadion Manahan ,saya pernah mencoba pesan "Es Teh+Lele dan Nasi" hanya di brandol dengan harga Rp 7.500. ini pastinya kabar gembira sekali bagi para calon mahasiswa yang kuliah di Solo dan mereka ingin menabung sambil kuliah buat pergi Haji.

selesai makan-makan atau nongkrong pengen banget keliling Kota Solo. kalian bisa nyobain keliling Kota Solo pake Bus Tingkat (dulu cuman ada di Solo) atau dengan kereta wisata yang jalurnya berada di Tengah Kota menarik bukan.

(kereta wisata Kota Solo,pic:google)

sudah makan dan jalan-jalan keliling Kota Solo mau pulang banget nih, pengen belanja buat oleh-oleh,belinya dimana ya ? bagi orang yang berduit (azeg) Kota Solo juga menyediakan pusat perbelanjaan a.k.a Mall dimana kalian yang pengen belanja tanpa kepanasan takut sunblocknya luntur. barang-barang yang ditawarkan pun sangat beragam,oleh-oleh khas Solo juga ada terutama banyak dijual Batik dengan motif/corak khas dari Kota Solo. tetapi bagaimana dengan orang yang piknik/berwisata dengan budget pas-pasan ? tenang ada juga pusat perbelanjaan tradisional di kota Solo yakni Pasar Klewer. barang yang ditawarkan pun nggak kalah dengan barang yang ada di mall disini kalian bisa tawar menawar soal harga.

                                                           (Pasar Klewer,Solo pic: google)

mungkin belum semuanya saya ceritakan tentang keunikan Kota Solo hanya sebagian saja,namun saya harap kalian mau singgah sebentar atau lama juga nggak papa buat datang ke Solo. jangan lupa selfie kalo kalian sudah ke Solo...selamat berwisata kak :)

musim kemarau

tak seberapa airmu

di musim hujan air 

mengalir sampai jauh

bengawan solo 
cipt : Gesang


@agan_lazu 





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sedekah Laut di Kota Pemalang

Awalnya masyarakat Kabupaten Pemalang merupakan masyarakat yang biasa saja. Mereka mencari makan dengan cara berdagang dan bercocoktanam. Hingga suatu saat datang wabah penyakit yang menyerang warga pesisir pantai di Kabupaten Pemalang. Wabah tersebut dipercaya merupakan hukuman karena mereka tidak  memberikan penghormatan berwujud sesaji kepada penguasa Pantai Utara yang bernama Dewi Lanjar sehingga mereka mengadakan ritual sedekah laut yang diberi nama baritan. Nama baritan sendiri berasal dari kata mbubarake peri lan setan (mengusir hantu dan setan). Setelah diadakannya ritual baritan tersebut, wabah penyakit tersebut perlahan-lahan pergi. Dan masyarakat pun tenang kembali. Kini meski kehidupan masyarakat mulai tergerus arus modernitas, mereka masih tetap melestarikan tradisi baritan karena dinilai baik dan tidak menyimpang dari agama. Dan meskipun beberapa dari mereka masih mempercayai mengenai keberadaan makhluk halus yang menghuni Pantai Utara, hal itu dinilai hanya

How To Completely Wipe / Erase Hard Disk Drive [Step-by-Step Guide]

How To Completely Wipe / Erase Hard Disk Drive [Step-by-Step Guide] You may know that when you delete a file, it doesn’t actually get removed from the hard disk. This is because, when an OS, including Windows , attempts to delete a file, it removes the pointer or reference to the file, making it inaccessible to user. However, the low-level data recovery applications can still be used to view and restore deleted data from storage mediums. When file is deleted from the system, OS makes the space, which was previously used by that deleted file, available for new data write operations, and if OS doesn’t fill that deleted space, data recovery application doesn’t take long to fully restore the data from unfilled tracks. Therefore, it’s always advisable to perform a multi-cycle shred operation over entire hard drive to prevent data theft. You could use CCleaner and other data shred/disk wipe applications ( Secure Wipe , Hardwipe , HDShredder etc, for instance), to p

Masalah klasik saat pertama kali jadi Mahasiswa (( baru ))

"alhamdulillah jadi maba unpad bandung" - pm bbm gebetan "gak sia-sia nyontek pas UN,akhirnya gue lolos snmptn - tweet temen  "yaudah deh,coba lagi tahun depan" - rintihan seorang siswa yang ditolak PTN berkali-kali Inilah dinamika kehidupan,terkadang kenginan yang kita impikan sejak lama tak menjadi kenyataan. pinginya sih A tapi kenapa jadi B bahkan bisa C bahkan bisa juga D..an seterusnya.   " ingatlah bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda"- motivator berambut botak.  berbicara tentang mahasiswa/mahasiswi mereka adalah orang-orang yang melanjutkan studi mereka dari sma ke perguruan tinggi,baik disengaja maupun tidak. karena tak jarang ada siswa yang setelah lulus sma ingin cepat-cepat kawin agar sah bobo bareng sama pacar. tetapi orang tua melarang (misalnya) "pokoknya kamu harus bisa masuk ui kalo nggak km nggak tak anggep anak" - sebut saja tante mawar. ini salah satu ciri jadi mahasiswa terpaksa nurutin kata